Wisata Religi

Beberapa Tempat Wisata Religi di Banjarmasin Yang Patut Anda Kunjungi antara lain :

1. Masjid Raya Sabilal Muhtadin

masjid-raya-sabilal-muhtadin-banjarmasinMesjid Raya Sabilal Muhtadin merupakan Masjid Terbesar yang ada di Banjarmasin. Nama Mesjid Sabilal Muhtadin ini sendiri diambil dari nama kitab Sabilal Muhtadin karya Syech Muhammad Arsyad Al-Banjari, atau yang lebih dikenal dengan Panggilan Datu Kalampayan. Letaknya tepat berada di jantung kota Banjarmasin.

2. Mesjid Jami Banjarmasin

mesjid-jami-banjarmasinMesjid Jami Banjarmasin dikenal sebagai Masjid Jami Sungai Jingah adalah salah satu mesjid tertua dan bersejarah yang ada di Banjarmasin. Lokasi awal pembangunan masjid adalah di tepi sungai martapura, tetapi kemudian dipindahkan di lokasi sekarang berada di Jalan Masjid.

3. Masjid Sultan Suriansyah

masjid-sultan-suriansyahMasjid Sultan Suriansyah ini merupakan mesjid tertua yang ada di Banjarmasin, dibangun antara tahun 1526-1550 oleh Sultan Suriansyah yang pada masa itu memerintah sebaga raja Banjar, dan merupakan raja Banjar pertama yang memeluk Islam. Setelah masuk Islam beliau berganti nama menjadi Sultan Suryanullah. Masuknya beliau dalam agama Islam menjadi kunci pembuka penyebaran agama Islam di bumi Banjar.

4. Makam Sultan Suriansyah

makam-sultan-suriansyahMakam Sultan Suriansyah ini tempatnya cukup berdekatan dengan Mesjid Sultan Suriansyah, jaraknya kurang lebih sekitar 250 meter saja. Jadi bagi para peziarah dapat berjalan kaki menuju ke mesjid Sultan Suriansyah atau sebaliknya.  Hampir setiap hari makam Sultan Suriansyah selalu ramai di kunjungi para peziarah berasal dari luar daerah, tidak terkecuali juga dari Banjarmasin sendiri. Pada even-even tertentu makam Suriansyah juga sering dijadikan tempat perayaan acara even-even tertentu tadi.

5. Makam Surgi Mufti K.H. Jamaluddin

makam-surgi-muftiMakam Surgi Mufti ini tepatnya berada di Jalan Masjid Jami, Kelurahan Surgi Mufti. Makam dengan model kubah ini hampir setiap hari tidak pernah putus dikunjungi para peziarah. Semasa hidupnya, K.H. Jamaluddin adalah seorang ulama besar yang diberi kewenangan memberi fatwa (Mufti). Julukan Surgi Mufti sendiri diberikan oleh Belanda pada masa itu karena kepiawaian beliau dalam hal perkara-perkara dunia. Beliau juga adalah buyut Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari atau Datuk Kalampayan.

6. Makam Al Allamah Datu Muhammad Amin

makam-datu-banua-anyarMakam ini berlokasi di Kelurahan Benua Anyar. Berdasarkan sejarah, Al Allamah Datu Muhammad Amin adalah mufti pertama di Banjarmasin. Beliau berjuang dalam mendakwahkan agama Islam meski mendapat tekanan dari Belanda yang pada masa itu menjajah Banjarmasin. Meski tidak memiliki pesantren, murid-murid sang Al Allamah banyak yang menjadi ulama besar.

7. Makam Al Habib Hamid bin Abbas Bahasyim (Habib Basirih)

makam-habib-basirihHabib Basirih, demikian Al Habib Hamid bin Abbas Bahasyim ini dikenal. Selama hidupnya, Habib Basirih dikenal sebagai seorang waliullah dengan berbagai karamah yang diberikan Allah, seperti mampu menghidupkan kambing, menyeberangi sungai hanya dengan tanggui (penutup kepala dari daun nipah, biasa digunakan petani, berdiameter sekitar 50 cm), menolong kapal yang hampir tenggelam dari tempat lain menggunakan gayung, dan banyak lagi. Makam beliau berlokasi di Kelurahan Basirih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.