Menikmati Wisata Air di Samarinda

Samarinda adalah ibukota dari Kalimantan Timur,selain itu Samarinda juga merupakan kota terbesar yang ada di Tanah Borneo. Kota yang memiliki slogan Samarinda Kota Tepian ini memiliki banyak sekali kebudayaan dan kerajinan, salah satu yang paling terkenal dari kebudayaannya adalah Suku Dayak, dan yang terkenal dari kerajinannya adalah Sarung khas Samarinda.Namun bukan hanya kebudayaan dan kerajinan saja yang bisa Anda temukan di Samarinda, melainkan juga terdapat banyak sekali tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi.Banyaknya tempat wisata yang menarik di Samarinda juga di dukung dengan akomodasi berupa penginapan/hotel yang cukup memadai.So, Anda tidak perlu khawatir ketika akan menghabiskan waktu liburan di Samarinda.

Mencari penginapan yang nyaman sesuai dengan budget Anda sangatlah mudah, Anda cukup menggunakan online travel agent yang Anda percaya misalnya Traveloka.Cara penggunanya bisa dengan membuka website, ataupun mendownloadaplikasi Traveloka. Kemudian Anda tinggal mencari hotel di kota yang Anda tuju yaitu Samarinda.

Jika penginapan sudah siap dan tiket perjalanan sudah berada di genggaman, bagaimana dengan itinerary trip Anda apakah sudah siap? Jika belum, beberapa tempat wisata yang akan di bahas dalam artikel ini mungkin bisa menjadi salah satu referensi tujuan wisata Anda. Berikut adalah tempat – tempat seru yang bisa Anda kunjungi, khususnya untuk Anda yang suka bermain Air :

1. Air Terjun Tanah Merah

Air terjun Tanah Merah ini terletak di Dusun Purwosari, Samarinda Utara. Berjarak sekitar 16 km dari Kota Samarinda. Air terjun dengan tinggi sekitar 15 meter ini memiliki tebing dengan dinding bebatuan yang rata.Terdapat pula kolam yang cukup besar disekitar air terjum ini, namun sayangnya disini Anda tidak diperbolehkan untuk berenang.

was-01

Sumber : anekatempatwisata.com

Kolam air terjun yang memiliki warna kecoklatan nampaknya berbanding terbalik dengan air  jernih yang mengalir deras dari atas tebing.Hal ini tidak mengherankan karena jenis tanah di kolam ini adalah tanah gambut sehingga menyebabkan air kolam menjadi berwarna kecoklatan.

Meskipun tidak dapat berenang dan menikmati langsung air terjun disini, Anda tetap bisa melakukan beberapa hal lain, seperti bermain di wahana out bond, melihat pertunjukan pentas seni, memancing, dan membiarkan anak bermain di wahana permainan.

Pengelola Air Terjun Tanah Merah sudah menyediakan fasilitas yang cukup lengkap, seperti terdapat area parkir, bangku taman,toilet, dan gazebo. Tarif untuk memasuki tempat wisata ini juga cukup murah yaitu hanya sebesar Rp5000,- (harga dapat berubah sewaktu – waktu tanpa pemberitahuan).

2. Air Terjun Pinang Seribu

Air terjun ini berjarak 40 km dari pusat Kota Samarinda, tepatnya berada di Desa Pinang Seribu – Bayur, Kelurahan Sempaja Utara, Samarinda Utara. Air terjun Pinang Seribu bisa dikatakan cukup unik, bila pada umumnya air terjun terdiri atas tebing yang cukup tinggi, namun air terjun ini berundak – undak dengan tinggi sekitar 5 meter.

was-02

Sumber : flickr.com

Terdapat pula kolam di bawah air terjun ini yang biasa di gunakan untuk berenang.Selain menikmati air terjun dan berenang, Anda pun dapat berpiknik di gazebo, memancing, bermain sepeda air, dan menikmati beberapa wahana outbond yang ada di sini.Tiket masuk tempat wisata ini pun cukup murah, Anda hanya cukup membayar Rp10.000 per orang, dengan biaya masuk motor Rp2000 dan mobil Rp5000.

was-03

Sumber : flickr.com

Meskipun tempat ini cukup bagus dan nyaman, namun tempat ini cukup sepi. Hal ini dikarenakan kurangnya petunjuk arah, kondisi jalan yang tidak terlalu besar, dan belum di beton cukup menjadi kendala bagi pengunjung. Karena jalan tidak terlalu besar, sebaiknya jika Anda ingin menngunjungi tempat ini gunakanlah sepeda motor.

3. Taman Rekreasi Lembah Hijau

Salah satu tempat bermain air menarik lainnya di Samarinda adalah  Taman Rekreasi Lembah Hijau.Letak taman rekreasi ini beradi di jalur Samarinda – Bontang sekitar 15 km dari Kota Samarinda. Taman rekreasi ini menyediakan berbagai fasilitas yang bisa di nikmati seperti waterboom, arena out bond, camping ground, kolam pemancingan, dan pendopo pertemuan.

was-04

Sumber : tempatwisatanegeri.blogspotco.id

4. Pulau Beras Basah

Meskipun berada di wilayah Bontang tepatnya di Selat Makasar, namun Pulau Beras Basah ini bisa juga menjadi salah satu alternatif wisata jika Anda berada di Samarinda. Menuju Pulau Beras Basah dari kota Samarinda, Anda membutuhkan waktu setidaknya 3 jam perjalanan.

was-05

Sumber : berasbasah.com

Sesampainya di Pulau Beras Basah,Anda dapat melihat keindahan panorama alam yang luar biasa. Pulau ini memiliki karakteristik pasir putih bersih dengan air laut jernih. Anda pun bisa melihat langsung biota laut yang berada di perairan.

was-06

Sumber : iwisataindonesia.com

Bagaimana, sangat seru bukan bermain air di Samarinda? So tunggu apalagi, ayo datang ke Samarinda dan nikmati serunya berwisata air di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banjarmasin-bungas * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.