Kamus Bahasa Banjar

Di situs Banjarmasin Bungas.com ini kami ingin memberikan sesuatu yang berbeda dari website yang lain untuk para pengunjung kami.Disini kami sengaja menambahkan halaman “Kamus Bahasa Banjar” untuk Anda, dengan maksud agar Anda dapat memahami Bahasa Banjar secara Umum.

Kata-kata yang kami sajikan didalam kamus ini adalah kata-kata yang biasa dipakai umumnya orang Banjar dalam pergaulan sehari-hari.Harapan kami bagi Anda pengunjung website Banjarmasin Bungas.com yang bukan orang Banjar Asli, akan dapat belajar Bahasa Banjar secara mudah, siapa tahu suatu hari nanti Anda punya keinginan untuk berkunjung ke Banjarmasin, maka Anda sudah bisa menggunakan kata-kata dalam Bahasa Banjar itu, seolah-olah Anda seperti orang Banjar sendiri.

Selain itu juga harapan kami, Anda dapat membaca dan mengerti Kisah SiPalui yang telah kami sajikan di situs Banjarmasin Bungas.com ini.

Silahkan cari kata-kata tersebut dibawah ini :

Huruf Bahasa Banjar Artinya Bahasa Indonesia
A
Akur = Setuju, Damai, Tidak Ada Perselisihan
Ambak = Lambat Dalam Bekerja
Ampih = Berhenti, Selesai
Amun = Jika
Anum = Masih Muda
Awak = Badan
B
Baagak = Sombong
Babanam = Dipanggang
Babau = Berbau
Badiam = Bertempat Tinggal, Tidak Ngomong, Diam
Bagana = Diam, Menunggu
Bagaru = Mengaruk
Bagimit = Pelan-pelan
Bahapakan, Basasambatan = Saling Mengejek, Mengolok-olok
Bahanu = Kadang-kadang
Bahari = Jaman Dahulu, Tempo Dulu
Bahinak = Bernapas
Bahimat = Rajin
Baisukan = Pagi
Bakarasmin = Hajat Perkawinan
Balanjung-lanjung = Sebanyak-banyaknya
Balarang = Bertambah Mahal
Baliur = Kepingin
Balum = Belum
Bahual = Berkelahi, Bertengkar, Tidak Saling Mengalah
Bakajal = Berdesakan
Bakakajutan = Mendadak
Bakamih = Kencing
Bakas = Bekas
Bakuciak = Teriak
Bakunyung = Berenang
Banyu = Air
Baisukan = Pagi
Baranai = Berdiam diri, Tidak Ada Yang Dikerjakan
Barasa = Terasa
Basasalin = Mengganti
Basangu = Membawa Bekal
Batakun = Bertanya
Batamuan = Bertemu
Batutukar = Berbelanja
Bapaluhan = Berkeringat
Bapadah = Memberitahu
Bapapadah = Menasehati
Bapander = Ngomong, Berbicara
Baparak = Mendekat
Batampa = Pesan
Baulah = Mengolah, Membuat
Bungas = Cantik
Bungul = Bodoh
Buhan, Bubuhan = Kawan, Sahabat, Teman
Bulikan = Pulang
Bulang-Bulik = Bolak-Balik
Bujang = Masih Perjaka, Masih Perawan, Belum Menikah
Bujur = Benar
Bujur-Bujur = Serius
C
Cucuk = Cocok
Calun = Calon
D
Damini = Sekarang Juga
Damintu = Seperti Itu
Diganii = Ditemani
Dihiga = Disamping
Dikiyau = Dipanggil
E
=
=
F
=
=
G
Gagarunum = Mengerutu
Ganal = Besar
Garing = Sakit
Gasan = Buat
Gawian = Pekerjaan
Guring = Tidur
H
Habang = Merah
Hancing = Aroma Tidak Sedap Yang Sangat Menyengat
Handak = Mau
Handap = Pendek
Hanyar = Baru
Harat = Hebat
Haja = Saja
Hakun = Mau
Hibak = Penuh, Tidak Muat
Himung = Senang, Gembira
I
Ikam = Kamu
Imbah = Setelah
Inya = Dia
Iwak = Ikan
J
Jinguk = Tengok
Juju = Memaksakan Kehendak
K
Kabalujuran = Kebetulan
Kabiasaan = Sering
Kada = Tidak
Kadada = Tidak Ada
Kadap = Gelap
Kahangitan = Gosong
Kaina = Nanti
Kaliwatan = Melewati Batas, Terlewati
Kakambangan = Bunga-Bunga
Kakawalan = Teman, Sahabat
Kaya = Seperti
Kawa = Bisa, Dapat
Koreng = Luka Kering
Kukuciak = Teriak
L
Lading = Pisau
Lakas = Cepat
Langgar = Musholla
Lantih = Pandai Bicara
Larang = Mahal
Lawas = Lama
Lawang = Pintu
Lihum = Senyum
Limbah = Setelah
Lingsak = Lecet
Lucut = Susah Sekali
M
Mahadang = Menunggu
Mahampas = Meletakan Barang Dengan Keras
Mahingal = Bernafas Tidak Teratur
Mamicik = Menekan
Manakuni = Menanyakan
Manampaikan = Memperlihatkan
Mancalok = Mengambil
Mancungul = Hadir
Mancuntan = Mencuri
Mangalunyur = Mengalir
Mangaramput = Berbohong
Mangarasi = Merasa Benar
Manggah = Capek
Mangiyau = Memanggil
Manjulung = Menyerahkan
Manukari = Membeli
Manukarakan = Membelikan
Manyanga = Mengoreng
Manyanyarik = Marah-Marah
Manyiwa = Menyewa
Manyupanakan = Bikin Malu
Manyurungi = Menyuguhkan
Mamasan = Memesan
Mamacul = Melepas
Mambisai = Membujuk
Maigau = Berbicara Sendiri Ketika Tidur
Maitihi = Melihat
Malandau = Bangun Kesiangan [Tidak Sholat Subuh]
Marista = Menderita
Matan = Dari
Maragap = Memeluk
Maram = Gelap
Marangut = Kesal
Mamagut = Memeluk
Masigit = Mesjid
Mauk = Acuh
Maunjun = Memancing
Maungkai = Membuka, Memperlihatkan
Mija = Meja
Muntung = Mulut
N
Nang = Yang
Ngalih = Sulit, Susah
Ngaran = Nama
Nyaman = Enak
O
=
=
P
Pahalusnya = Paling Kecil
Pangaramput = Berdusta
Pangarasan = Tidak Mau Mengalah
Panggaringan = Suka Sakit-Sakitan
Pangoler = Pemalas
Pakulih = Mendapatkan
Palak = Bajak
Parak = Dekat
Pian = Kamu [digunakan kepada yg lebih tua]
Pina = Kayak, Seperti
Pincat = Pincang
Pulas = Nyenyak
Purun = Tega
R
Rabit = Robek, Sobek
Racap = Berulang-ulang, Berulang Kali
Rahatan = Sedang Berlangsung
Rami = Ramai
Rancak = Sering
Rawa = Tegur
S
Saban = Tiap
Sabakul = Satu Keranjang
Salawar = Celana
Salawas = Selama
Sambat = Sebut
Sambati = Olok-olok
Samunyaan = Semuanya
Satumat = Sebentar
Saurang [an] = Sendiri [an]
Saraba = Semua
Sarik = Marah
Sawat = Sempat
Separu = Setengah
Sidin = Dia [Untuk Orang Yang Lebih Tua)
Singgah = Mampir
Siup = Pingsan
Supan = Malu
T
Takajut = Terkejut
Takibar = Sangat Terkejut
Takun = Tanya
Takuling = Geleng-Geleng
Tamandak = Diam
Tatamba = Obat
Tatukar = Terlanjur Beli
Taungut = Melamun
Tawing = Dinding
Tepelampang = Berbeda, Selalu Berbeda
Tuhuk = Puas
Tuntung = Selesai
Tukup = Tutup
U
Unda = Saya [kasar] digunakan pada teman sebaya
Ulun = Saya [halus] digunakan pada org yg lebih tua
V
=
=
W
Wadah = Tempat
Wadai = Kue
Waja = Baja
Waras = Baik
Wasi = Besi
Wayah = Saat
X
=
=
Y
=
=
Z
=
=

55 Responses to Kamus Bahasa Banjar

  1. alih says:

    bahasa banjarmasinnya bumbu apa kk???

  2. Keren mas, saya baru tau tentang ini

  3. ipan says:

    bang bisa nggak kamusnya di perbanyak..!!

  4. syaikhu says:

    garing = sakit
    lulungkang = jendela
    Halin = Jarang/langka, bisa juga artinya Semak-semak
    Tasmpias = Kecipratan
    Marangut = Cemberut

  5. yaya amelia says:

    Tagugur = Tejatuh
    Tahuam = Entahlah

  6. dyane margaretha says:

    perbanyak lagi dunt kaka basa banjar.a ..

  7. lisa says:

    memang nya ga ada translate langsung.? yg otomatis ada ga?

  8. fadliannoor says:

    Bahasa Indonesia nya MEINTIL apa?

  9. chocho says:

    Kalo tacut artinya apa?

  10. mosa says:

    Alhamdulilah makasih kakak kosakata banjar saya bertambah. Sering bolakbalik tapi gag bisa bicara pake bahasa baanjar cuma ngerti sedikit-sedikit

  11. tri santoso adi says:

    bakunyung= berenang

  12. Yulia says:

    kalo gaguduh sanggar / pisang goreng apa ?

  13. andy boncel says:

    Menimpas = Memengal
    Uyuh = Capek
    Pang = Saja , biasa digunakan dengan bahasa “kayitu pang” (Begitu saja)

  14. Kak,Bahasa indonesianya Batangkuluk itu apa??

  15. putera banjar says:

    Tacut : orang yang disegani
    Batangkuluk : menongak ke bawah / sembunyi .
    Meintil : di ujung-ujung / nyaris jatoh
    Bumbu : bumbu

  16. riswan hadi says:

    Parak = dekat
    Galai = lambat
    Mahamput = melempar
    Banyu = air
    salismaan = flu
    Bahira = BAB (buang air besar)
    Bakamih = BAK (buang air kecil)
    Tulak = berangkat
    Tapacul = terlepas
    Tagapit = terjepit
    Takipai = terlempar
    Bini = istri
    Laki = suami
    Purici = jorok
    mahual = membuat masalah
    Maunjun = memancing

  17. riezky says:

    Kalo d’tengah tengah kalimat suka ada kata “jar” masudnya itu apa ya gan ?? Saya belum paham betul.. Thx 🙂

  18. terry says:

    Kl bisa sie…translate otomatis spt bahasa jawa yg ada di google terjemahan…
    Biar kt lbh mudah lg…:)tq

  19. mahla says:

    banyak banar bahsa banjar ,,jadi kawa urg belajar :))

  20. makasih gan , sangat bermanfaat, lagi belajar bahasa banjar ni

  21. siBungas says:

    kata “Jar” dalam bahasa banjar adalah kata penegas saja. Untuk menegaskan kalimat yang didepannya.

  22. siBungas says:

    mudahan-mudahan mbah google bisa mendengarkan permintaan anda..amin.

  23. Ridha says:

    Umaa banyaknya nang handak balajar bahasa banjar

  24. Nazzala Cahaya Shafaa says:

    apa ya arti diucul?

  25. k4yuhb41mb41 says:

    kunjungi kamus online kata indonesia – banjar(kalsel)
    kamusbanjar.hints.me
    makasih

  26. mantap gan, hanyar becari-cari di google betemu lawan situs ini. lestarikan terus budaya Indonesia khususnya bahasa banjar biar kawa mendunia. 🙂

  27. handak betakun, padatuan artinya apa lah kak

  28. siBungas says:

    padatuan artinya asal usul keturunan dalam keluarga

  29. Kuler = malas
    panguler = pemalas
    kalimut = lubang keluarnya tinja

  30. Haer JoLJeL says:

    Mun ujar urang “Mungkung” Tu apa bos

  31. ridw says:

    Mau tanya ada lah nang tahu kalo bahasa banjar olahraga gulat apa yo??

  32. khara says:

    Apa bahasa indonesianya berumbai

  33. Melly says:

    Bpk sy org banjar ibu sy org jawa tapi sy besar di jakarta dan tdk bs bahasa banjar….hahaaaa….tp akhirnya bs belajar dr sini…mkasiihl

  34. Paluy says:

    Bahasa indonesianya batingkaung wan tajajak paku apa min ??sauting lagi urang mandi kada babaju bahasa indonesianya apa??? Sauting lagi balanja bukah bahasa indonesianya apa? Sauting lagi pamamaian

  35. siBungas says:

    Bahasa Banjar diartikan ke Bahasa Indonesia (kira-kira):
    1. Batingkaung : Merangkak
    2. Tajajak Paku : Terinjak Paku
    3. Urang Mandi Kada Babaju : Telanjang Bulat
    4. Balanja Bukah : Lomba Lari
    5. Pamamaian : Cerewet atau Suka Ngomel

  36. siapa aja boleh says:

    burit: pantat

  37. heyndra says:

    kaluny ranai, baharaguan, danganin, pacang, bahasa Indonesiany apalah…

  38. Candra says:

    Mun purun tu pang, apa yo padanan kata indonesianya?

  39. siBungas says:

    Mun Purun tu pang (banjar) = Tega Sekali (Indonesia)

  40. Pimpong says:

    Tumat artinya apa?

  41. Ali says:

    nih ada ponakan dapat PR bahasa banjar .udah tanya kesana kemari sama orang banjar juga tapi gak pada tau persamaannya(sinonim) lawan artinya: mohon admin bisa membantu

    sulir=
    mahing=
    puluk=
    rampak=
    musakat=
    pahin=
    ringkau

    ayo admin buktikan kamu orang banjar asli

  42. siBungas says:

    Rampak = Tabrak, Mahing = Hebat atau bisa juga untuk sebutan pada anak kecil yang punya bakat luar biasa, (hehe..klo tdk salah), kata yang lainnya hanyar tahu jua kada pernah mendangar, mudah-mudahan ada yang bisa bantu..?? Sekalian untuk nambah perbendaharaan kata Bahasa Banjar..mksh

  43. siBungas says:

    Kalo kata Tumat jika berdiri sendiri artinya bisa “Tomat”
    Jika ditambah awal “se”Tumat maka artinya jadi “Sebentar”
    Tapi jika ditambah akhiran “an” menjadi “Tumatan” artinya “Dari”

  44. siBungas says:

    Ranai = Diam, Istirahat
    Baharaguan = Kata ini bisa diartikan “Bekerja”, “Sedang Bekerja”, atau “Memelihara Binatang”
    Danganin = Temanin,
    Pacang = Kata ini biasa digunakan untuk menyatakan “Keinginan Melakukan Sesuatu” tetapi belum terlaksana. Contoh kalimat : “Pacang ngalih baik kada usah” artinya “Daripada sulit lebih baik tidak jadi”

  45. sarah says:

    Ka umpat batakun apa arti nya luuk,kapahuluan ,bahanyut,kuyut,kaintangan,batinggir,lawan baancap apa arti nya ?ading ulun ni lg ngerjakan pr makasih dulu atas bantuan nya minta tolong banar

  46. sarah says:

    Ka ulun umpat batakun ading ulun ada pr apa arti kapahuluan ,luuk,bahanyut,kuyut,kaintangan ,batinggiran,baancap

  47. siBungas says:

    Kapahuluan = Mudik
    Bahanyut = Berjalan pelan tapi tetap sampai ketujuan
    Kuyut = Kurus Sekali
    Kaintangan = Ketempat tujuan
    Batinggiran = Berada ditempatnya
    Baancap = Mau Cepat-cepat
    Luuk = ?

  48. hady azha says:

    Ada yang tau artinya lunuh,limpur,tumbur,cangkat,langit ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banjarmasin-bungas * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.