Profil

sungai-11

Kota Banjarmasin adalah kota yang juga biasa disebut dengan Kota Seribu Sungai, karena memang kota ini dikelilingi oleh sungai-sungai, dengan sebutan sungai Martapura. Sedangkan alat transportasi sungai yang paling populer disini biasa disebut dengan jukung (sampan yang menggunakan tenaga manusia untuk menjalankannya) atau juga disebut dengan klotok (perahu kecil yang dijalankan dengan mesin), banyak hilir mudik disungai-sungai tersebut, karena memang jukung atau klotok tadi merupakan sarana penghubung ke daerah-daerah pelosok yang tidak terjangkau oleh transportasi darat.Kota

Banjarmasin menurut data yang diambil dari Wikipedia Banjarmasin memiliki luas wilayah 72 km2 atau 0.019% dari total luas wilayah Kalimantan Selatan, jadi bisa dibayangkan dengan luas wilayah sebesar itu dengan penduduk yang tersebar diseluruh wilayah, pelosok, alat transportasi yang efektif bagi penduduk, terutama bertempat tinggal ditepi-tepi sungai adalah jukung atau klotok seperti yang disebut diatas. Jadi memanglah pantas kalau Banjarmasin itu mempunyai julukan Kota Seribu Sungai.

dutamall-02

Kota Banjarmasin saat ini memang terus berbenah sarana maupun prasarananya, dalam hal prasarana kemajuan yang terasa terutama pada perekonomiannya, terbukti dengan telah banyaknya berdiri bangunan-bangunan seperti Mall, Hotel-hotel dan lain sebagainya. Padahal pada zaman krisis global ini seharusnya kita lebih menghemat pengeluaran tetapi itu semua seolah tidak berlaku bagi pelaku ekonomi dikota ini, Mall-mall terus saja dipenuhi oleh pengunjungnya.

Sedangkan untuk sarananya, terutama jalan-jalan utama juga terus diperbaiki, dilakukan pengaspalan sehingga memperlancar arus lalulintas dikota, begitu juga dengan wilayah dipingiran kota, daerah pemukiman sebagian sudah mendapat pengaspalan ataupun semen cor, sehingga sebagian warga pemukiman tidak lagi mendapati jalan dilokasi dan sekitarnya yang becek, sehingga untuk berkendaraan terasa lebih aman dengan jalan yang sudah nyaman. Untuk hal ini memang tidak semua warga mendapatkan fasilitas jalan yang nyaman tadi, masih banyak juga warga pemukiman yang belum merasakan perbaikan jalan dilokasinya, akan tetapi ini tentu saja jadi pekerjaan rumah bagi pemda kota Banjarmasin untuk memperhatikannya.

Dengan terus tumbuhnya perekonomian kota Banjarmasin tentu saja akan berdampak pada tingkat kesejahteraan masyarakat kota, pengangguran berkurang, pengemis-pengemis jalanan sudah tidak ada, sehingga kita bisa menikmati keindahan atau kecantikan kota ini dengan damai.

2 Responses to Profil

  1. Ariss says:

    dasar bungasss banar kotaku ini…
    I lovee BANJARMASIN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banjarmasin-bungas * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.